Praktikum 06 - Membuat Animasi Logo Komunitas

1. Tujuan
 Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas di MMB.

2. Alat
Adobe Illustrator CC 2017
Adobe After Effect CC 2017

3. Bahan
Logo komunitas KIOS MMB

4. Dasar Teori
Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.

     Bumper adalah animasi pembuka atau penutup dalam sebuah program video yang merupakan animasi pendek yang menggambarkan identitas sebuah acara atau instansi. Dengan adanya bumper tersebut acara atau instansi tersebut akan mudah dipahami oleh pemirsa tanpa perlu penjelasan yang panjang lebar. Bumper dibagi menjadi 2 kategori. Bumper in yaitu signature untuk masuk ke segmen dalam program video. dan bumper out yaitu signature tanda segmen itu berakhir. atau lebih jelasnya dalam setap acara TV berlangsung selalu diselingi oleh beberapa iklan, jeda antara acara TV dan iklan itulah bumper muncul.Bumper adalah animasi pembuka atau penutup dalam sebuah program video yang merupakan animasi pendek yang menggambarkan identitas sebuah acara atau instansi. Dengan adanya bumper tersebut acara atau instansi tersebut akan mudah dipahami oleh pemirsa tanpa perlu penjelasan yang panjang lebar. Bumper dibagi menjadi 2 kategori. Bumper in yaitu signature untuk masuk ke segmen dalam program video. dan bumper out yaitu signature tanda segmen itu berakhir. atau lebih jelasnya dalam setap acara TV berlangsung selalu diselingi oleh beberapa iklan, jeda antara acara TV dan iklan itulah bumper muncul.

5. Tugas Praktikum
 Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB

6.  Petunjuk Praktikum

1)    Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.

2)    Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.

3)    Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
4)    Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
5)    Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 06 dan laporan prak 07.
6)    Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
7)    Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim.

7. Hasil Praktikum

Hasil Screen Shot




8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, kita membuat dan mentracing logo komunitas kios, agar dalam pembuatan animasinya lebih mudah.

9. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 01 - Latihan Dasar Programming Multimedia

Laporan Praktikum 04

Laporan Praktikum 05