Praktikum 09 - Membuat Animasi Berdasarkan Video Referensi

1. Tujuan
 Mahasiswa mampu membuat animasi 3D dari sebuah logo berdasarkan deskripsi komunitas dan video referensi.

2. Alat

Adobe After Effect CC 2017
Cinema 4D R20

3. Bahan

Logo komunitas KIOS 
Link Video Referensi


4. Dasar Teori

Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik.


Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB berdasarkan video referensi yang diperoleh dari praktikum sebelumnya.
6. Petunjuk Praktikum
  1. 1. Gunakan video referensi yang diperoleh pada praktikum sebelumnya sebagai inspirasi dari praktikum ini.
  2. 2. Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
  3. 3. Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
  4. 4. Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 9 dan ke 10.
  5. 5. Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 09 dan laporan prak 10.
  6. 6. Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
  7. 7. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim. Idealnya, dari laporan praktikum dapat disimpulkan terkait pembagian tugas antar anggota tim dan hasil yang diperoleh masing-masing anggota.


7. Hasil Praktikum

- Tracing Logo 


- Pembuatan Logo Video Tutorial 1 

Dalam video tutorial 1 , kami mengalami kesulitan karena harus mendownload plugin tambahan untuk menunjang pembuatan logo 3D seperti tutorial. Dalam proses pembuatan terdapat plug in lagi yaitu material pro shader, yaitu plug in untuk membuat tekstur. Seperti yang terlihat pada gambar 1, logo kami tidak terlihat metalic seperti gambar 2. Hal itu dikarenakan pemberian tekstur yang berbeda pada logo yang dibuat

gambar 1. Logo komunitas

Gambar 2. Logo pada video tutorial

gambar 3. Progress

 Link Video Tutorial : (https://www.youtube.com/watch?v=hUMij93aAjQ&t=19s)




Pada saat proses pembuatan animasi logo dari fattu tutorials, cukup mudah kami ikuti penjelasannya dari video tersebut. Pada praktikum ke 9 ini kami masih mengerjakan pada tahap pemberian Mograph Effector pada animasi logo tersebut. Sepanjang kami mengikuti tutorial, kami mengalami kendala dalam mencari plugin untuk memberi pencahayaan atau lighting pada logo animasi tersebut. Akhirnya kami menemukan plugin tersebut di website fattu tutorials.

8. Kesimpulan
Berdasarkan percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa kita bisa bebas membuat animasi logo 3D dengan mencari referensi - referensi melalui Youtube atau website animator lainnya. Selain itu, kita bisa belajar animasi secara otodidak tanpa harus mengambil kursus sana - sini. Namun, kami mengalami kendala dalam proses pembuatannya yaitu memahami apa yang dimaksud animator sampaikan pada suatu tutorial animasi tersebut. Sehingga, harus mengulang - ulang video tutorialnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 01 - Latihan Dasar Programming Multimedia

Laporan Praktikum 04

Laporan Praktikum 05