Laporan Praktikum 04


Prak 02 - Camera Path, Lighting, and Material

1.      Tujuan
Dapat menambahkan camera path, lighting, dan material dari logo PENS yang sebelumnya sudah dibuat pada praktikum sebelumnya.

2.      Alat
-          Laptop/PC
-          mouse untuk memudahkan proses pengerjaan

Bahan
- Maxon Animasi 4D
- Logo PENS
- Adobe Illustrator CC

3.      Dasar Teori

Animasi adalah rangkaian gambar yang membentuk sebuah gerakan. Salah satu keunggulan animasi dibanding media lain seperti gambar statis atau teks adalah kemampuannya untuk menjelaskan perubahan keadaan tiap waktu. Hal ini terutama sangat membantu dalam menjelaskan prosedur dan urutan kejadian.

Menurut Mayer dan Moreno (2002) animasi memiliki 3 fitur utama:
1. gambar – animasi merupakan sebuah penggambaran
2. gerakan–animasi menggambarkan sebuah pergerakan
3. simulasi–animasi terdiri atas objek-objek yang dibuat dengan digambar atau metode simulasi lain.
 Dengan adanya software-software pembuat animasi seperti Adobe Flash, Adobe Director, Swift 3D, 3D Studio MX, dll, membuat animasi sebagai alat pembelajaran tidak lagi memerlukan keahlian khusus dan biaya tinggi. Namun jika dibandingkan dengan pembuatan media yang hanya menggunakan gambar statis atau teks, tentu saja membuat animasi lebih memakan waktu dan memerlukan ketrampilan tambahan.


JENIS-JENIS ANIMASI
 Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu animasi 2D, animasi 3D dan animasi tanah liat.

1.      Animasi 2D (Dua Dimensi)
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa disebut juga dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang berarti gambar yang lucu. Memang, film kartun ini kebanyakan film yang lucu.
2.      Animasi 3D (Tiga Dimensi)
Perkembangan teknologi dan dunia computer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah perkembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud aslinya.
3.      Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
Meski namanya Clay (tanah liat), namun yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini menggunakan palsticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokohtokoh pada animasi clay dibuat dengan menggunakan rangka yang khusus untuk kerangka tubuhnya. Film animasi clay pertama kali dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptor’s Web Rarebit Nigthmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken Run.



4.      Tugas Praktikum
Menambahkan camera path, lighting, dan material pada logo pens yang sudah diputar 360 derajat pada praktikum sebelumnya.


5.      Hasil Praktikum


Sebelum dirender






Sesudah dirender






6.      Kesimpulan

Pembuatan animasi 3D adalah satu tingkat lebih sulit jika dibandingkan dengan pembuatan animasi 2D. pada pembuatan animasi 3D diperlukan ketelitian dalam membuat objek agar terlihat 3D dan semakin nyata. Namun sebelumnya kita harus menguasai software yang ingin kita gunakan agar dapat membuat objek 3D dan animasi semakin mudah tentu saja dengan memahami fungsi fungsi tools terlebih dahulu. Setelah itu kita dapat menggunakan software tersebut menggunakan tools yang sudah tersedia. Jadilah animasi yang dibutuhkan dengan mudah jika sudah menguasai software tersebut.

7.      Referensi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 01 - Latihan Dasar Programming Multimedia

Laporan Praktikum 05